Mengajar Vs Karir


Apa sebenarnya tugas dari seorang guru?. Mengajar ataukah hanya mengejar karir di dunia pendidikan? Keduanya tidak akan terpisahkan dari seorang pendidik. Guru merupakan sosok teladan bagi peserta didiknya, karena guru selain mengajar juga membimbing dan mendidik. Apakah kita sebagai pendidik telah melakukan ketiga hal tersebut?. Tidak sedikit guru yang hanya sekedar melaksanakan tugasnya sebagai pengajar. Sedangkan tugas guru sebagai pembimbing dan pendidik sering kali terabaikan. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi itu bisa terjadi. Mungkin karena terlalu sibuk dengan pekerjaan lain selain mengajar (tugas tambahan selain mengajar) yang lebih mengarah pada karir seorang guru atau mungkin ketidakpedulian terhadap anak didiknya.

Mana sebenarnya yang lebih penting antara mengajar di kelas dengan menyelesaikan pekerjaan tambahan dari sekolah demi sebuah karir? Jika seorang guru lebih mengutamakan mengajar di kelas dengan membimbing dan mendidik anak didiknya seperti orang tua terhadap anaknya sendiri, itu merupakan tindakan yang sangat mulia. Bagaimana dengan tugas lainnya selain mengajar yang bisa mendongkarak popularitas guru yang katanya cerdas, cekatan, membuat lembaganya terkenal dan seakan-akan menjadi orang yang terpandang. Akan tetapi tidak jarang meninggalkan kelasnya hanya demi karir, nama baik, dan jabatan semata.

Andai saja karir yang lebih diutamakan, tidak salah jika anak didik kita mendapatkan ilmu yang sedikit juga. Jika hal demikian yang terjadi, jangan sekali-kali kita mengucapkan: “dasar bodoh/goblok/blo’on gitu saja tidak bisa!”. Karena pada dasarnya tidak ada manusia yang bodoh, tetapi tergantung dari apa dan siapa dia memperoleh pengetahun.

Tulisan ini merupakan wujud introspeksi penulis sebagai seorang guru. Menjadi seorang guru merupakan amanah yang harus diemban untuk memberikan pengetahuan yang dimiliki kepada anak didiknya sebagai generasi bangsa yang kelak akan menentukan masa depan bangsa ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s